Lewati navigasi

Monthly Archives: Februari 2008

Setiap orang mempunyai pengalaman dengan suara nyamuk yang mengganggu istirahat dimalam hari. Tapi di Banda Aceh; dimana merupakan daerah paling parah terkena dampak tsunami; nyamuk tersebut bias lebih dari mengganggu. Mereka membawa penyakit mematikan, yang biasa disebut dengan malaria.

Read More »

Iklan

Jika Anda sering berkemih dalam jumlah yang banyak, diikuti dengan banyak minum dan banyak makan disertai dengan tekanan darah Anda yang tinggi; hati-hati, segera periksakan diri Anda ke dokter karena Anda mungkin menderita Sindrom X !!.

Read More »

Conflict part I

“Sat, ga boleh kaya gitu dengan anak BEM. Walaupun itu program ko, setidaknya ko harus menerima bahwa merekalah yang melaksanakan duluan.” Kata salah seorang almarhum sahabat gua.

“Siapa bilang gua ga nerima?. Gua terima kok. Ga masalah dengan program yang mereka comot dari ide kepala gua. Tapi, yang gua ga terima adalah, mereka memperlakukan kita seperti layaknya anak buah mereka. Coba lu pikir, masa kita disuruh buat kegiatan 1 kota Banda Aceh dengan dana hanya 200 ribu. Udah gitu sok pake memberitahukan gimana pencarian dana yang baik, sampe harus bekerjasama dengan siapa. Gua gondok. Itu semua udah ada didalam kepala gua. Gua bahkan tinggal jalan doang kalau ada restu angkatan!!.” Jawab gua dengan emosi yang meledak-ledak.

Read More »

“Cat, kapan masuk KKSnya?”. Tanya salah seorang temen gua.

“Ga tau. Gua denger-denger sih setelah selesai OSCE anak-anak PBL”. Jawab gua dengan singkat.

“Nanti kalian langsung masuk satu kelompok atau disisipin?”.

“ Yang gua denger sih disisipin sama kelompok laen. Ga jelas juga gua.”

Read More »

“Kenapa cat kok ko mau ajarin orang-orang?”. Seorang temen bertanya sama gua.

“Ga ada. Suka aja. Gua suka saat liat orang yang gua ajarin itu ngerti dengan kasus apa yang dia temuin nantinya. Yang gua ajarin bukan penyakit. Gua lebih seneng ngajarin hal-hal dasar. Misalnya aja neurologi atau kardiologi.”

Read More »

By Satria Perwira

Minggu, 05.00 WIB Menjelang Fajar

“ Kadang, aku berpikir negatif. Abang XXX deket aku karena aku ketua. Bukan karena dia menganggap aku adeknya. Sebab, dulu sebelum aku menjadi ketua, Abang XXX kemana-mana selalu ngajak aku. Dalam hal apapun, aku selalu dilibatkan. Dan sekarang, ketika Aku mau turun dan sudah ada pengganti aku yang baru, aku merasa ditinggalkan..”

Read More »

“ Nama saya Satria Perwira”.. belum sempat menyelesaikan kalimat,

“ Hi, Satriaaa !!”, serempak anak-anak lain menjawab.

“ Saya dari Universitas Syiah Kuala.”

“ Hah?. Syiah Kuala?, dimana tuh ?.”

Damn!!. Masa anak yang kuliah di Kota Besar ga tau universitas Syiah Kuala itu dimana. Gila. Kok bisa lewat geografinya yak?

Read More »

Cancer is a major Chronic Disease and a leading cause of death around the world. In 2005 around 7.6 million people died of cancer – 13% of the 58 million deaths worldwide. However the reduction of Cancer and Chronic Diseases is not included in the Millennium Development Goals.

Read More »

7 dari 10 kematian anak di Negara berkembang kebanyakan disebabkan oleh lima hal, atau kombinasi dari mereka, yaitu : pneumonia, diare, campak, malaria dan malnutrisi. Di seluruh dunia, 3 dari 4 anak yang pergi ke sentra pengobatan menderita setidaknya satu dari kondisi diatas. Banyak dari kematian ini bisa, bagaimanapun , dapat dicegah dengan management kesehatan yang lebih baik (WHO 1997)

Read More »

Ide itu mahal. Ga percaya?. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang menyewa tenaga orang-orang muda yang energetik, kreatif dan penuh dengan sumber ide. Tidak tanggung-tanggung, mereka dibayar mahal. Apalagi jika bekerja dalam dunia advertising dan publikasi yang memang sarat dengan ide-ide segar. Bagaimana dengan anak-anak fakultas kedokteran kita ?

Read More »