Skip navigation


Wah..Udah lama gua ga menulis lagi. Yep, sejak terhitung gue diwisuda tanggal 23 Januari lalu, banyak yang gua pengen tulis. Diantaranya adalah tentang sebuah cerita anak ko-ass. Namun, apa daya, seiring dengan waktu, niat tinggallah niat. Tapi gua akan terus mencoba buat tulisannya..hehehe

***

“ Tenang aja Sat. Semuanya pasti ada jalan keluar..” Si Aldo bilang sama gua saat gua menuju kerumah, baru siap ngopi.

“ What?. Maksud elu?”. Tanya gua balik. Nih anak soalnya tumben-tumbenan sok bijak hari gini. Apa lagi ini?.

“ Tentang kardiologi. Tau ko, semuanya udah pada tau. Mungkin udah satu rumah sakit yang tahu.” Penjelasan aldo.

“ Oohh, hahaha. Pasti banyak versi deh. Lu darimana dengernya?, dari si bidut?”. Tanya gua balik. Maklum, dirumah sakit gua emang kaya gitu. Butuh hiburan dari hari ke hari. Wajar jadinya kalo membutuhkan sebuah media yang menyangkut tentang berita-berita paling hot di jaman kaya gini. Apalagi yang namanya anak ko-ass harus update dunk..

“ Dari adalah …” menggantung.

“ Yang jelas dari anak-anak koass juga yang tau tentang masalah kalian.” Gua dengan cepatnya segera memaklumi. Maklum deh, rumah sakit gua=CNN. Up to date. Padahal baru 5 menit kejadian, beritanya udah sampe ke semua bagian. Ada-ada aja emang.

“ Waduh, citra tentang diri gua gimana?. Biasanya gua pasti dapet bagian yang jeleknya. Nah, kali ini gua dapet yang mana?. Cerita jelek atau cerita keren?.” Maklum deh, gue udah bosen selalu disalahkan. Padahal, jelas-jelas gua ga salah. Mengingat gua males banget ngeladenin apalagi ngelurusin berita yang ga penting kaya gitu, gua mah mending sebodo amat deh. Ntar kalo mau cerita yang bener, mending Tanya langsung aja ke gua. Hal ini juga menjadi indicator buat gua untuk memilih. Mana-mana aja yang kaga objektif dalam memilah suatu berita. Juga terkadang buat gua bisa menilai, temen yang mana yang memang bisa diajak buat berteman. Alias, sebodo amat kata orang. Berteman adalah hak gua untuk memilih. Mau dia jelek, mau dia ga jelek, selama gua bisa berteman dengan baik ya ga masalah. Nah, yang kaya gini yang seringnya. Gara-gara ngedenger berita jelek, rata-rata kebanyakan pada menghindar menjauh. Istilahnya cari save. Biar ga dibilang jelek juga. Padahal jelas-jelas bukan dia yang salah, kok jadi dia yang menghindar. Payah deh mentalnya..

“ Semua dapet yang jeleknya Sat. Hahaha ..”

“ Thanks god deh. Gapapa kalo gitu. Thank’s yah udah kasi informasinya. Sedikitnya gua bisa tau nanti. Hehehe.”

“Ya udah, aku mau maen dulu nih. Hati-hati ya Sat.”

“ Oke do. Thanks buat informasinya yah ..”

***

Mengenai catatan tentang gua stase di penyakit dalam, lu bisa baca di blog gua. Blog yang ini mau gua bahas tentang CNN rumah sakit tempat gua menjalani pendidikan..

As you may already know, CNN adalah sebuah stasiun jaringan media yang amat sangat terkenal. Beritanya update banget. Tiap detik, berita didunia selalu dipaparkan dengan cepat dan singkat. Jadi, lo ga rugi-rugi banget kalo punya siaran parabola dengan bayar perbulannya, karena lo ga gaptek amat dengan apa yang terjadi di belahan bumi laen. Mengingat CNN memaparkan kejadian apapun yang terjadi secara global.

Nah, sama halnya di rumah sakit tempat gua stase. Kalo elu sedikit berbuat ‘aneh’, dari ujung koridor, sampe ujung koridor berikutnya atau istilahnya; dari pintu masuk sampe pintu keluar; semua orang pada tahu dengan kelakuan elu itu. Masih enak kalo gosipnya si A pinter banget bisa ngejawab pertanyaan si konsulen Killer B. Atau si B rajin banget belajar di Lab, padahal baunya minta ampun. Atau bias juga, si C tiba-tiba sejak mulai ko-ass berubah jadi baek, caring sama pasiennya, sampe2 dia hanya mau nulis resep yang jelas-jelas obatnya masuk kedalam askeskin.

Nah, kalau berita yang jelek dan tersering didenger adalah, si A parah banget. Masa dia ganti jaga jam 10 pagi. Padahal pergantian shiftnya kan jam 8. Parah. Buang badan. Atau si B penjilat banget. Semua dosen dideketein biar ujian dapet nilai bagus. Atau si C kerjanya buang badan aja. Giliran jaga dia tidur atau seringnya nongkrong di kantin, giliran ga jaga dia datang telat pas pergantian shift.

Sehingga, terkadang elu itu bias berubah bukan lagi menjadi diri elu. Elu selalu pengen tampil dan terkesan ‘baik’ dimata semua orang. Termasuk dosen.Sehingga, elu terkadang tanpa elu sadari bias jadi penjilat dimata temen-temen elo. Elo juga jadi stress karena elu selalu pengen keliatan caring sama pasien elu. Sehingga, terkadang elu juga dinilai sok sibuk karena bolak-balik kaya setrikaan. Padahal,elu juga ga tau musti ngelakuin apa. Hal ini juga bias berdampak pada status mental lo yang drop. Yaitu pada saat semua yang menurut elu, elu udah ngelakuin yang terbaik buat semuanya, tiba-tiba jadi elo jadi merasa useless saat kerjaan elu dinilai ga beres alias mengecewakan oleh si konsulen. Intinya, gara-gara elu mikirin omongan orang lain, elu-elu jadi ‘freak’ . Jadi bukan diri elu sendiri. Kan males banget tuh kaya gitu ..

Tapi, mau gmana elu itu mah urusan elu. Gua ga mau ikut campur. Elo mau jadi penjilat silahkan. Elo mau jaga image juga silahkan. Elo mau bikin cape badan elu dengan elu jalan mondar-mandir biar dibilang caring banget sama pasien lu ndiri juga silahkan. It’s up to you guys. Tapi, kalo gua saranin mah, lebih enak menjadi diri elu sendiri. Apa adanya. Ga perlu belajar terlalu maksa dengan tujuan ga kena maki, atau biar bias lewat ujian. Justru disaat konsulen memaki kita, lebih banyak ilmu yang bias didapet. Itu menurut gua. Tapi, alangkah lebih baiknya kalau memang elu menguasai pasien elu dengan belajar untuk menggali sebanyak mungkin informasi. Kalo prinsip gua mah, gua memang harus belajar. Masa gua asal-asalan ama pasien gua ndiri. Apalagi kalo gua ga menerangkan tentang penyakit sama pasien atau keluarganya. Seandainya itu terjadi sama keluarga atu orang terdekat elu gimana?. Hehehe, karma kadang berlaku coy ..

Tinggalkan Balasan

