Skip navigation


Hahaha,,,akhirnya gw menulis di blog gw tentang poker juga,,,fufufufu,,,udah lama gw ga nulis. Well, tulisan ini sebenernya terinspired sama Joe Cada,,pemenang world series of poker 2009 taon lalu; all in dengan pair 9 dan menang dengan juara termuda di dunia,,,apaan seh,,,bukan ini yang mau gw bahas..hehe

Sekedar mukadimah (cie cie),,poker itu bener-bener ngebuat addicted..bukan Cuma narkoba yang bisa bikin addicted,,,poker juga!. Lo bayangin aja maen malem2 ampe pagi,,trus pagi nya bolos,,karena udah bolos dan bingung ga ngapa2in trakhir lo pilih untuk bermaen poker lagi,,dan kalo lo menang,,lo jarang banget untuk bisa dengan yang namanya berenti sejenak. Ini sih belum seberapa,,misalnya aja lo maen di meja yang agak ‘gede’,,trus lo menang dan lo baru mendapatkan ketagihan tingkat 1…trus lo maen meja agak lebih gede lagi,,trus lo ketemu sama master2 poker alias yanng udah ada di 100 besar dunia poker di zynga..beugh,,,,walopun kalah,,gw rasa lo gag bakal nyesel kalah dari master poker,,wkwkkwkw. Ini belom ditambah lo beli dan jual chips poker itu,,fufufufufu,,,,sumpah,,,bagusnya jangan,,,:D

Dunia poker itu banyak seninya,,well sebenernya sih cuma dibagi kedalam 4 garis besar. Check-raise-fold and all in. Beres kan ?..Cuma 4 kok,,gag banyak,,,lo tinggal milih mau teken mana,,,,lo check kalo lo gag pengen nambah tarohan atau fold kalo lo gag pengen ikut tarohan. Bisa juga lo raise kalo lo pengen nambah tarohan..atau lo mau all in semua chips lo yang ada di meja juga gag ada masalah…tapi,,kapan gw musti ngeraise?..kapan gw musti nge fold,,kapan gw musti all in?..dan kapan gw musti check.

Gw paling bete dengan meja-meja mulai dari 400k, 2m, 4m, 10m. Ini meja yang paling gw benci sekaligus suka bermain didalamnya…gimana nggak, disini brutal abis maennya..asal kartu bagus pasti di all in,,asal kartunya pair,,pasti juga di all in,,jadi, kalo lo orang yang sabar dan pemberani,,gw rekomennded banget deh untuk duduk di 4m..dengan kaya gini chips lo yang dari gag seberapa itu cepet banget naeknya. Dengan catatan,,elo must sbar :d…tapi kalo lo gag sabar,,lo bisa maen di meja lebih kecil lagi kaya 10k,100k,200k. Ini meja asal ada yang all in, pasti ikut semua gag perduli kartunya apaan. Parah banget dah. Beda sama yang meja diatasnya,,all in kalo bener2 bagus. Kalo agak2 bagus bahkan Cuma call. Pair as aja call kadang2,,,hehehe.

Intinya,,,kalo lo sabar,,lo maen deh dimeja 400k-4m,,,ini bisa bikin lo kaya,,apalagi kalo didalemnya dipenuhin dengan orang2 tajir yang bawa modal gag tanggung2,,nah,,elo kalo kaya gini bisa maen all in. Soalnya orang2 kaya pasti merasa gag ada salahnya buat nge call..tapi kalo meja miskin semua alias bawa modal pas2an,,jangan deh mendingan…lo fold aja sampe dapet kartu bagus,. Oh iya,,kalo lo menang, lo jangan stand up trus duduk lagi..biarin aja modal lo banyak..emang knapa?..kan modal orang lain modalnya lebih banyak. Justru dnegan demikian lo ada beberapa keuntungan…lo bisa nge call biasa berkali-kali,,lo jg bisa call kalo kartu lo bagus dan orang laen all in,,,lo bisa raise 1/3 dari harga meja kalo kartu lu bener2 bagus..hehehe,,,tapi yang musti lo inget,,,saat modal menang lo udah sampe 200%,,gw sangat menyarankan buat lo untuk stand up dan kembali duduk dnegan modal awal.

Nah,,,,permasalahannya adalah,,,yang bagaimana sih yang dinamakan kartu bagus?…menurutt gw,,yang namanya kartu bagus itu gag ada. Ini bukan soal kartu,,tapi soal bagaimana elu memainkan kartu itu sendiri. Gini loh,,menurut pengalaman gw,,gag selamanya kartu bagus menurut standar seperti as k, as q, as j, as 10 itu bagus. Belum tentu juga KQ, KJ itu bagus,,begitu juga dengan JQ..well, yang paling bagus sih diantara itu semua as k memang..gw asal kartu as k,,itu kartu wajib banget gw all in. Hehehe,,walopun gw serinng menang dan sering kalah juga,,,hahaha. Jadi gini,,,standar kartu bagus seperti yang gw bilang diatas, ditambah dnegan kartu2 seperti AA,KK,QQ,JJ,10 10 dan pair lainnya. Nah,,kalo kartu AA, AK, AQ, AJ, KK, QQ,,gw merestui untuk lo all in kan,,tapi kalo dibawah itu, mending lo call aja..apalgi kalo kartu lo pair rendah alias dibawah 10..bener2 gw rekomendasikan untuk Cuma call. BUKAN ALL IN…nah,,disini sering banget anak2 nanya ama gw,,,gimana kalo orang lain yang all in?. Jawwabannya gampang,,,lo berani untuk ilang chips?,,kalo ngga,,lo gag usah ikut,,,kalo lo berani,,,lo jangan nyesel kalo kalah. Simple…very simple kan?…gag bisa lo berharap menang dnegan kartu apa adanya. Apalagi kalo orang lain all in atau raise ajah. Syarat untuk menang adalah,,,LO SABAR dan LO BERANI. Cukup.

Nah,,,kalo poker pemula,,kalo dapet kartu kaya gitu,,lo mending all in deh,,jangan lo call. Bisa bahaya. Mending prinsip lo adalah menang atau ngga sama sekali. Tapi kalo lo agak2 jago dikit, apalagi kalo di meja orang kaya semua,,lo bisa raise sampai dengan <1/2 modal meja atau chips siapa yang terdikit. Misal,,duduk di meja 4 m,,,chips terendah saat itu adalah 2,2M. Nah,,,kebetulan lo megang pair aa, kk, qq atau JJ, lo bisa raise hingga 2M dengan harapan si chips rendah itu all in. Nah,,,ketika si chips rendah itu all in,,,lo berdoa aja supaya orang-orang kaya itu ikut call. Saat mereka call,,lo HARUS WAJIB ALL IN…disnilah fungsi lo untuk bisa makan orang2 kaya itu. Knapa,,,soalnya gini,,,kalo pun yang si chip kecil menang,,lo masih menang samping istilahnya…modal lo akan balik karena lo menang dari orang kaya. Kalopun si chips kecil kalah, artinya lo tinggal berhadapan dengan orang kaya. Kalo orang kaya itu ikut all in,,dan lo pasti menang selanggkah..kenapa?..karena ELO PAIR. Dengan pair banyak kemungkinan..ada kartu yang kebuka satu aja punya lo, udah menang dari si kaya tadi. Dan kartu yang lo all in kan pun gede, bukannya kecil. :d….DISINI FUNGSI RAISE DIPERLUKAN dan BUKAN ALL IN YANG DIPERLUKAN.

Then,,kapan lo fold?…lo fold kalo kartu lo gag bagus. Beres. Selesai. Yang dianggap bagus apaan?..yang dianggap bagus adalah yang diatas itu. Tapi jangan salah,,kalo gw,,kartu sama warna gw call, kartu berurut gw call. TAPI KALO ORANG ALL IN GW JARANG IKUT. Misal 4-5, 5-6, 78, itu biasanya gw ikut,,kalo pun diraise gw ikut. Saat gw ikut,,maka kartu akan kebuka,,,lo assessment dari situ,,lo bisa straight,,flush atau sekedar three of kind gag?..kalo gag bisa mala sebaiknya lo fold ajah. Hahaha….tapi,,,seringnya gw menang sih :d…disini FUNGSI KEBIJAKSANAAN LO MAEN. Artinya,,kalo gag keluar kartu lo,,,dan orang lain tau2 raise abis,,,ya lo mau gag mau fold,,,:d..itu ajah.

Then,,kapan lo check?….NAH, ini yang paling gw suka banget…saat lo emang udah three of kind keatas, alias strait, flush, atau full house atau 4 of kind…LO CHECK,,,biarkan satu putaran terlewati, sukur2 ada yang ngeraise dan elo ikut, itu lebih baik. Saat satu putaran udah terlewati, naikkan tarohan lo,,JANGAN LEBIH DARI setengah meja….misal uang lo 20 M…duduk di meja 20 M..kartu lo J-9…yang keluar kartu Q-8-10…nah,,,kalo orang raise 10M,,,lo all in…kalo raise Cuma 2 M,,lo call ajah😀,,,Cuma hati2 jika ada akrtu yang sama keluar. Misalnya Q atau 8 atau 10. Maka lo sebaiknya pikir2 2 kali. Karena lawan elo ngeraise. Kalo ngeraise wajar, artinya dia Cuma one pair atau 2 pair. Tapi kalo raise udah gila, misal diatas 5 M,,,hati2 mungkin dia FH. Nah,,saat ada yang ngeraise diatas 5m,,dan lo yakin lo menang lo all in. Gampang kan?…nah,,kalo misalnya check semua,,,maka putaran selanjutnya,,lo raise 3 M atau 4M. Berharap ada yang ikutan atau malah re-raise kartu lo. Tapi kalo misalkan ada yang ikut,,maka putaran terakhir adalah lo raise lebih dari lo raise pertama kalo lawan lo modalnya pas2an,,kalo orang kaya,,lo lebihin dikit lagi. Hehehe. Disinilah fungsi CHECK bisa nipu semua lawan2 lo😀..itu ajah sih,,,buat pertimbangan lo ajah ;p…ty ty ty,,,

11 Comments

  1. wah keren yah jurnal ya…wekekekekek

  2. keren banget :d
    thx for the tips :d

  3. nice hand

  4. Billioner Gan……………

  5. tips meminjamkan cip..jgn meminjamkan sama tmn or org laen setelah itu km tidur..FATAL dech..
    fatall…sumpa fatal..

  6. mmm…
    sebagai manager.
    gw sih mendukung and nyaranin para “Poker Face” utk membaca tips and trik bermain poker ini.
    karena my playa’ alias yg nulis blog ini udah bisa beli apa pun yg dia mau dr bermain poker…

    Congrat and good Luck my playa’

  7. Makacih gan

  8. well,hidup musti py mimpi:D


Tinggalkan Balasan

