Skip navigation


Alhamdulillah,,akhirnya gw lulus penerimaan dokter ptt..gimana gw ga seneng, gw dapet di kriteriasangat terpencil, gw bs menjejakkan kaki ke tanah yang belum pernah gw kunjungin, gw dibayarinmenuju tempat tugas gw dan yang lebih penting lagi adalah gw bs dapet gaji yang teratur, yang tidakdihitung berdasarkan jumlah pasien, jumlah tugas jaga entah pagi, siang, malam serta banyaknya resep yggw keluarkan… Dengan demikian, gw bs menabung untuk memenuhi cita2 gw yaitu hidup mandiri,sekolah spesialis, dan yang terpenting adalah menikah. Ga tanggung2, gw memilih papua!!!

 

Saat pengumuman itu datang, gw masih kerja di Bali. Sebenarnya gw senang dibali untuk bekerja karenaselain jam kerja yg tidak terlalu memberatkan, gw juga jadi fasih untuk berbahasa inggris karena pasiengw bule semua, dan tentunya bali mempunyai banyak tempat wisata yang gw kunjungin. Tapi bukan ituyang gw cari. Gw berpikir dengan jadi dokter ptt, gw akan menemukan masyarakat dengan sgala adatistiadat dan pola penyakit yang bebeda jauh dengan yang sering gw dapatkan di kota besar. Belum lagidengan bayangan ga ada listrik dan sinyal, dan gw penasaran apa bs gw hadapin itu smua scara gw udh’kota’ bgt. So gw memutuskan untuk mengambil kesempatan yang ada didepan mata gw dan segerapulang ke aceh untuk mengurus keberangkatan gw. Knapa ke aceh, ya karena gw lulusan aceh danya,,karena gw kangen banget buat ngopi dan ketemu temen2 dan sahabat gw. Sebenernya bisa aja gw berangkat dimana aja di seluruh indonesia ini karena nanti akandihubungi oleh departemen kesehatan untuk ditanyakan mau berangkat dari mana.

 

Sampailah gw di aceh. Hal yang gw lakukan pertama adalah membuka rekening giro untuk prosespengiriman gaji dari depkes pusat. Gila aja lu kalo gw ga urus, mau makan darimana??,,karena yg gwdenger adalah lo ga bergaji selama 3 bulan pertama, dan semua berasal dari kocek lu sendiri. So jadilahgw mengurus giro. Gampang kok, kaya bikin rekening biasa aja. Hal yg kedua adalah lo datang tepatwaktu ke dinkes provinsi saat pengarahan. Disitu lo akan dijelaskan tentang ptt, keadaan tempat tugas lo,dan tentunya pembagian tiket pesawat dan uang jalan..hehehe,,bsoknya lu akan trus berangkat ke provinstujuan..jadi, datanglah jauh2 hari sebelum pegarahan, nikmatin liburan elu, jalanlah bersama temen2 dansahabat elo, beli buku yg diperlukan ama lo seperti buku obat, download smua film dan ebook novel,majalah, apapun krn nantinya itu akan lo nikmatin saat elo berada didaerah tpencil..

 

Akhirnya segala sesuatunya telah gw persiapkan dengan baik. Gw sadar, gw akan menemukan adat danistiadat yang mungkin akan sangat berbeda. Hal ini berlaku dimana lo menjejakkan kaki dimana sajaberada nantinya. Setelah 7 tahun gw tidak berpetualang dan skarang inilah gw, siap untuk menerimapengalaman baru yg gw nanti2kan. Bismillah,, papua, be nice…

 

Notes : bagaimana spy bisa lulus sebagai dokter ptt

Gw juga udah bertanya2 kenapa banyak temen gw yang ga lulus ptt. Rupanya depkes mempunyai sistemskoring. Sistem ini berupa ktp domisili dan tahun lulusan. Misalnya, elo mau ptt di papua kabupatenmamberamo tengah. Nah, skor lo itu 100% klo lo punya ktp mamberamo tengah. Skor lo menjadi 80%kalo lo punya ktp di luar kabupaten tetapi msh dalam satu provinsi. Skor lo akan menjadi 60% kalo lopunya ktp diluar prpvinsi tujuan ptt elo. Begitu juga dengan tahun lulusan, semakin lo tua, skor lo akanjadi 100%. Semakin muda alias baru lulus akan semakin rendah skornya. Nah, skor ktp dan skor tahunlulusan ini kemudian dibagi 2. Siapa skornya tinggi itulah yang menang.

2 Comments

  1. Nice bg. Berarti abg punya ktp memberamo ya?

    • actually abang ga punya ktp sini .. hehe .. just lucky i guess


Tinggalkan Balasan

