Skip navigation


Gw berangkat jam 11 dari banda aceh dan sampai di jakarta jam 2. Setelah itu gw musti menunggu selama 6 jam di bandara untuk menunggu keberangkatan gw jam 8 malam menuju makasar. Disaat inilah buku2 novel sama download an film lu berguna. Ga sia2 deh, hahaha. Sesampainya dibandara sultan hasanuddin makasar jam 11 dan gw menunggu sampai jam 3 untuk bs berangkat menuju sentani, jayapura.Jadilah gw muter2 bandara. Jepret sana sini scara gw blm pernah menjejakkan kaki di tanah kalimantan,dan itu adalah yang pertama. Bandaranya pun luar biasa megah. Sayangnya, bandara sultan hasanuddin yang megah ini, smoking roomnya jauh banget dari tempat nunggu. Huft skali. Jadilah gw bolak balik antara ruang tunggu dan smoking room serta wc.

Jam 7 pagi waktu indonesia timur, sampailah gw dibandara sentani jayapura. Ya ampun, ini bandara terjelek yg pernah gw temuin. Cuma ada dua tempat untuk nunggu bagasi dan yang gw bikin heran adalahsebuah pengumuman yang bertuliskan ‘dilarang makan pinang dan meludah sembarangan’. Helloooo,, ini bandara apa bukan sih?.. Tapi gw rasa masih mendingan dibanding bandara filipina yg gw denger ada sapi berkeliaran dibandaranya. Setelah gw cari tau, rupanya penduduk lokal gemar makan pinang berikut kapur sama daun sirihnya. Trus mereka suka makan pinang disela-sela waktu senggang, beda ama kebanyakan warga ibukota lain yang menggunakan rokok sebagai pembunuh waktunya. Nah, yg jadi sering bermasalah ialah mereka suka sekali meludah sembarangan selagi menggigit pinang. Wajar aja klo dibandara punya pengumuman seperti itu.

Setelah gw mendapatkan bagasi gw, gw segera menghubungi orang dinkes pusat yang menjadi penanggung jawab dokter ptt. Scara gw juga ga tau musti kmana. Bener-bener buta. Untungnya gw bertemu dengan orang dinkes pusat dan banyak dokter ptt yang berangkat dari jakarta di bandara.Perkenalan pun dimulai dalam mobil sewaan menuju hotel. Pembagian kamar dilakukan saat sampai dihotel. Gw sekamar dengan anak medan (yg gw merasa dekat krn medan dekat dengan banda aceh). Gwpun juga bersiap2 untuk menemui kepala dinas kesehatan provinsi papua siangnya.

Sesampainya di kantor dinas, dibekalilah kita dokter2 ptt dari seluruh indonesia dengan materi2 yang dirasa perlu untuk ditempat tugas nantinya. Pembekalan dilakukan selama 3 hari dengan hari ketiganya adalah yang ditunggu-tunggu oleh kita semua. Hal ini dikarenakan pembagian tempat di puskesmas danpembagian uang transportasi dan makan yang jumlahnya lumayan. Semua berharap agar tidakd itempatkan didaerah yang transportasinya sulit, dan sukur-sukur kalo ada listrik dan sinyal. Ahahahaa.Kitapun membuat farewell party karena keesokan nya sudah ada beberapa yang brangkat menuju tempat dinas. Sedangkan gw, gw disuruh menunggu dan bertemu kepala dinas kabupaten gw 5 hari mendatang ditempat yang telah ditentukan. Jadi deh kita bermalam semalam lagi di hotel yang bayarannya juga ga murah dan besoknya pindah ke mess kabupaten gw. Ya, gw punya mess disini untuk kabupaten gw.Yeyyyyy!!!

Oh iya, gw mendapatkan puskesmas yg bisa dilalui dengan jalan darat dari wamena sekitar 4 jam. Hal ini berarti gw ga selalu harus berada di puskesmas saat libur dan bisa turun untuk membeli makanan yg gwdenger harganya itu bs 3x lipat dari harga di jayapura. Setelah cari info sana sini, ternyata gw harus naik pesawat dr sentani jayapura menuju wamena dan selanjutnya naik mobil strada atau double cabin. Total harga tiket 800rb rupiah untuk bisa sampe ke puskesmas tempat gw dinas. Hingga akhirnya gwpergunakan sisa uang yg diberikan dinas kesehatan provinsi untuk belanja alat, bahan dan tentu sajamakanan. Hehehe

Harga makanan disini lumayan mahal. Nasi ayam goreng skitaran 18 ribu rupiah. Padahal gw belum pernah liat deh ada peternakan ayam, bisa dapet ayam darimana ya tuh penjualnya…heran. Yang perludiingat adalah, saat makan, jangan pernah skali2 meletakkan hape apalagi dompet diatas meja. Itu bisa raib ataupun dicuri sama penduduk lokal!!. Ini dialamin sama temen gw dari medan, dompetnya dicuribegitu aja dan pelakunya lari menuju perkampungan yang gelap. Sulit untuk dikejar. Beberapa penduduk lokal pun ada yg mencoba membantu namun pelakunya juga ga dapet. Yang lebih parah lagi adalah, adabeberapa penduduk yang mau membantu mendapatkan dompetnya kembali dengan syarat bayar uang dimuka untuk mereka. Jumlahnya ga tanggung2, 250 ribu rupiah!!. Mereka pun juga memaksa untuk minta dibayar dengan alasan jangan sampai uang didalam dompet digunakan untuk mabuk. Ya, kebiasaan penduduk disini adalah mabuk di malam hari. Masih mending kalau mabuk sendiri dan ga ganggu orang.Tapi ini mabuk bejamaah dan mengganggu orang, bahkan smpe minta2 uang, mencegat kendaraan yanglewat. Sungguh luar biasa!!..kembali ke temen gw, karena banyak surat berharga seperti atm, str, sim, danlain-lain; terpaksa dia meminjam uang untuk membayar penduduk lokal yang mau menolong. Padahal mereka tau siapa pelakunya. Ada apa sih??,,nolong kok ga niat,,geram banget gw. Akhirnya, setelahmenunggu hingga jam 2 malam dihotel, datanglah beberapa penduduk lokal yang mau menolong tadiuntuk mengembalikam dompet. Tentu aja isinya udah hilang, yang tertinggal adalah surat2 berharga. Apaboleh buat, jumlah yang diambil pun lumayan besar… Ini bisa jadi pelajaran agar tidak menaruh bendaberharga sembarangan.

2 Comments

  1. Dan Bandara di Makassar ittuu ternyata di pulau Sulawesi bg!

    • iya .. maapkan keteledoran abang –__–“


Tinggalkan Balasan

