Skip navigation


Waktunya untuk mengabdi kembali. Segala sesuatunya telah dipersiapkan. Mulai dari alat hingga bahan,teutama bahan makanan. Mulai dari minyak goreng, sampe segala bumbu masak udah dipersiapkan.Prinsip gw naek ke puskesmas itu sama dengan refreshing, jauh dari kebisingan ibukota, jauh dari telponyang sebentar-sebentar berdering, dan yang lebih penting lagi yaitu menjauhkan diri dari keinginan untukbelanja ini itu yang sebenarnya sangat sekunder sekali.

Entah mengapa kali ini gw agak sedikit excited. Mungkin karena kali ini gw ga ditemenin dokter yg satutempat tugas sama gw, mungkin juga karena di rumah dinas yang lumayan besar ini gw tinggal sendirian,mungkin juga karena pengen sekedar jalan2. Gw pun diantar dokter temen gw itu jam 5 pagi menujupangkalan mobil biasa mangkal. Ini musti buru2. Cuma 3 mobil yang naik setiap harinya kecuali hariminggu. Gampang sekali penuh. Apalagi kursi incaran gw kursi depan pas samping pak sopir. Lobayangin aja kalo gw sampe duduk di tengah, trs gw empet2an krn jatah 3 orang ditempatin sm jatah 4org dewasa. Sangat ngga nyaman untuk memulai pagi yang indah ini. Hehehe.

Tapi apa daya, kursi depan udh ada yang nempatin. Pengen jedotin kepala ke ban dah. Sialan, gw udahpagi2 bangun sampe ga bs tdr semalaman demi mendapatkan sebuah bangku depan, tapi ga dapet juga.Haishhh… Usaha tak sampai deh. But it’s allrite. Show must go in. Jadi gw duduk di bangku blakangdengan ibu+anak bayi, ibu lagi, dan bapak. Supir pun juga beda bukan yang biasanya. Sebelum naiktemen gw membisikkan sesuatu. “jalanan mulai ga aman. Sebentar lagi ulang tahun opm. So hati2”. Well,okey, membuat gw agak ilang mood dengan niat naik ke pkm. Gimana nggak, gw jadi teringat saat gwkuliah dulu. Setiap tanggal 4 desember bikin gw ga enak hati. Tanggal segitu adalah tanggal ulang tahungam. Apalagi dulu masih darurat sipil. Kmana2 rasanya ga tenang banget. Sukur sekarang udh damai.Kalo ga, gw yakin banda aceh saat ini ga seramai sekarang..fufufufu

Baru aja jalan 1 km. Tiba2 dari tengah jalan ada pemuda yang gede, tampang sangar, item (well, okey,mayoritas memang ber ras hitam –_–“) naik ke kap mobil depan dengan gagahnya. Supir gw kaget. Adaapaan sih?. Kalo sopir aja kaget, apalagi gw. Apalagi baru diperingatin sama temen gw. Tau2 dia bilang”papua merdeka!!!”. Trs temennya ke pak sopir dan minta uang. Eaaaaaaa,,,,ga dimana-mana sama ajakayanya. Dikasih, dan temennya pergi. Sementara yang tadi naik ke kap mobil masih tereak2 ke arah gwdan penumpang lain dengan bau alkohol yang sangat terasa. Haishhh,, ga gaul banget ni orang. Mabokkok ganggu orang.. Ga jaman banget dah ah. Mobil pun melaju kembali..

Gw pun temenung melihat jalan hingga ketika, emak2 disamping gw yang bawa bayi, mengeluarkanrokok dan menghisapnya dengan santai. Alamaaaakkkk..tugas profesi gw terusik. Eh, emak2 sebelahnyadan bapak2 disebelah emak itu juga ngeluarin rokok. Ini dibarengin sama penumpang depan dan paksopir yang juga udh ngerokok dari tadi. Okey, jadilah kalo dihitung cuma gw sma bayi samping gw yangga ngerokok…cuma bisa geleng2 kepala. Gimana gw bilang, kalo semuanya ngerokok??!!?. Maapkanabang dokter ya bayi. Abang dokter kali ini ga sanggup berkata2…

Karena ga snggup pikir, mulailah gw memejamkan mata. Dengan cuaca dari jendela yang nampar2 mukagw, gw ga bs konsen buat tidur. Jadilah gw tidur2 ayam aja. Ga beberapa lama, kembali gw tebangun.Kali ini mulai memasuki jalanan offroad sampe ke tempat pkm gw. Jalanan becek tanjakan, di gas samapak sopir. Ban depannya sih santai. Ban belakangnya belok, gedubrak. Trs lewat kali yang dimanajalanan udah ga keliatan, berdasarkan insting pak supir teus melaju. Sempet berasap2. Ga tau asapnyadari mana. Tapi pak supir tetep cuek bebek sambil nyanyi queen dengan judul bohemian rhapsody. Inibukan jalanan lagi namanya. Ini udah masuk jalan setapak. Tetep offroad,, dan pak supir pun tetepsantai..fufufu..gila!!!

Gw serba slah kali ini. Kalo gw mejemin mata, jalanan sangat2 tidak bershabat. Kalo gw melek, gwkembali melihat ketidakadilan didepan mata gw karena bayi itu seperti terbius dengan asap rokok seluruhpenumpang. Apapun yg gw lakukan serasa ga nyaman dan merasa gagal untuk menyamankan diri. Yasudahlah, liat keluar jendela aja. Sepanjang perjalanan, gw cuma bisa melihat honai, babi, honai,babi.Sebegitu langka kah binatang kaya sapi??,, perasaan gw diaceh sama sumbawa itu binatang berseakan.Malah di sumbawa kuda yang berserakan. Disini kok ga ada??,, okey kalo ga ada. Kambing dehkambing??,, sumpah, ga ada juga. Eh buset… Peliharaan binatang ternak yang umum disini adalah babi.Yang membuat babi sangatlah istimewa adalah jika ibu babi tewas tertabrak mobil ataupun motor. Iniyang nabrak musti ganti puluhan juta rupiah. Jiappp, kok bisa?. Harga pasaran aja skitar 4-6 juta. Kalo ygjantan lebih mahal lagi. Ga tau bedanya apa. Mungkin lebih enak kali dagingnya. Mana tau..fufufu.Kembali ke keistimewaan babi. Kalo lo nabrak babi lo musti ganti rugi puluhan juta rupiah. Kenapa?.Gini, ibu babi mempunyai susu 8 buah untuk menyusui anaknya. Nah, kalo anak babi kehilangan ibu babi,mereka jadi ga makan bahkan mati. Ataupun ibu babi mati, ibu babi ga bisa melahirkan lagi alias gapunya anak( ini nenek2salto juga tau..huftt). Nah, makanya kalo lo sampe nabrak ibu babi, ga usah herankalo lo denda puluhan juta rupiah. Bisa 20 juta, bisa lebih dan bisa kurang. Demikianlah cerita tentangbabi. Semoga bermanfaat.

2 Comments

  1. bang….semangat ptt-nyaa!!!!!
    lucu lucu lucu

    • ahahaha,,makasih ^^


Tinggalkan Balasan

