Skip navigation


Setiap pendaftaran ptt mau dibuka, selalu aja gw dpt telpon dr temen2 gw yg mau berkonsultasi. Pas dibuka apalagi, makin banyak deh ug masuk. Gw seneng. Artinya menentukan pilihan itu ga asal sembarang pilih. Yang lebih seneng lagi adalah menjadikan papua sebagai provinsi tempat untuk mengabdinya ..

Ada bbrp hal yg musti lu tau. Papua saat ini mungkin sudah menjadi destinasi bukan cm dokter di Indonesia yg mau ptt. Bahkan yg sudah ptt pun kebanyakan minta untuk diperpNjang. Impactnya kebutuhan dokter disuatu daerah menjadi berkurang yg artinya peluang untuk lulus sbg dokter ptt pun smakin kecil.

Ptt menurut gw udh kaya spmb atau umptn. Jumlah kuota 2-7 saja bs diperebutkan oleh ribuan dokter. Apalagi kalo tempatnya basah. Makin rame lah yg pilih dan tentu aja makin banyak yang ga lulus ptt. Ya gmn nggak, kuota cm 2 direbut sampe ribuan… Huft

Untuk itu gw pengen ngasih opini dalam memilih tempat ptt. Lebih kurangnya begini :

1. Tentukan tujuan lu mau kmana. Ini penting. Lu mau ptt yg bagaimana. Ada ptt yg kerjanya itu di hutan, ada yg digunung, bahkan ada juga yg dilaut. Ada provinsi yg udh maju otomatis ada sinyal sampai ke pelosok including listrik. AdA juga provinsi yg konflik. Ada juga provinsi yg sangat sulit transportasinya. Banyak. Jadi, tentukan pilihan elu mau kmana. Kalau udh ada pilihan..

2. lihat provinsi pilihan elu.
Lihat brapa banyak kabupaten yg berswdia menerim elu. Lihat juga juga brp jumlah dokter untuk kriteria sangat terpencil dan terpencil. cari informasi. kabupaten ini dimana lokasinya. transportasinya bagaimana. biaya perjalanan brp sampai dengn hal kecil2 spt.apakah dinkes ny menyediakan rumah dinas apa ga, dsb.

3. yg terpenting: jumlah formasi.
ilustrasi nya seperti ini. ada kabupaten yg membutuhkan 7 dktr u kritria ST. ada yg 5, 4 dan bahkan 1 saja. Tentunya lo bisa berpikir kalo peluang lo untuk keterima ptt jauh lbh besar pada daerah yg dibuka 7 dibanding 5,4 atau 1 skalipun. kalau kaya gini, gw saranin elu memilih yg peluangnya tentu saja besar.

lain halnya dengN elu berani untuk tidak lulus. jadi kalo lulus alhamdulillah, ga lulus ya gapapa alias nothin to lose. kalau kaya gini tentu aja gw akan menyarankan lebih memilih yg susah untuk diterima. biasanya kalau jumlah yg dibutuhkan sedikit, itu daerahnya mempunyai keistimewaan. Bisa tempatnya konflik, bs tempatnya terlalu enak, bs insendanya gede, dan bs yg lain. Tapi biasanya sih keistimewaannya positif.

4. cari yg ada insentif
Gw ga mengJarkan untuk lu menjadi matre. BukN. Yg mau gw bilangin disini adlh jangan dengan gara2 niat lu yg mulia, lo malah sengsara. Gini, biasanya dn kebanyakn berdasar dr pengLaman; gaji pusat yg diberikan kemenkes itu seringkali terlambat. Bahkan 3 bulan pertama kita bs tidak mendPTkan gaji sm sekali. JDi kebutuhan hidup lu itu dr tabungan sblm lu ptt. Jadi saran gw, cari daerah yg menjanjikan insentif. Walo gaji pusat blm ada, setidaknya lu msh bs ‘idup’ dr gaji daerah. Cm juga ini musti hati2. Kadang ada yg janji Palsu alias sering terlambat, bahkan ada yg sampe stAhun jg blm dpt insentifny. Nah, hati2. jgn juga sampai seperti itu.

Kira2 gt aja guys. Kalo ada pertanyaan silahkan.

3 Comments

  1. Bang.. Gw drg ptt mau sharing tentang bgmn tempat gw sekarang ptt (di daerah kalsel), kebetulan lg buka pendaftaran dr & drg ptt di daerah ini.. Tp nyari forum dr & drg yg bahas tentang ptt itu susah y? Tau g dmn bang? Terima kasih sebelumnya..

    • gas ajeeeee,, hehehe

    • gas ajeeeee,, hehehe


Tinggalkan Balasan

